IPDN Rohil Terbaik seIndonesia
28 Juli 2011 - 08.33 WIB
 
 
 
UJUNGTANJUNG (DP) — Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Gamawan Fauzi Menilai kampus IPDN Di Kabupaten Rohil merupakan kampus terbesar dan termewah dari enam kampus lainnya. Ini didukung dengan kondisi fasilitas, sarana dan prasarana yang ada. Hal itu diungkapkannya saat meresmikan kampus IPDN Riau, di Ujungtanjung, Kecamatan Tanahputih, Kabupaten Rokanhilir, Rabu (27/7). Kampus megah yang menghabiskan dana puluhan miliar sharing budget APBD Rohil dan Kementerian Dalam Negeri itu diharapkan menjadi upaya konkret dalam mengembangkan kualitas aparatur pemerintah. Turut mendampingi Mendagri Gamawan Fauzi, Gubernur Riau HM Rusli Zainal beserta istri, Bupati Rohil H Anas Ma’amun, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Kepala BKD Riau Saqlul Amri, para tokoh dan sejumlah pejabat daerah lainnya yang mengikuti rangkaian kegiatan dengan khidmat.

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine dan pelepasan balon keudara olah Gamawan Fauzi beserta istri didampingi Gubri Bupati Rohil serta Rektor IPDN.
Atas peresmian kampus tersebut Mendagri mengucapkan apresiasinya kepada Pemda Rohil karena telah memfasilitasi kampus IPDN megah yang sangat luas lahannya yang diakui termegah diantara 6 Kampus lainnya. ,’’saya mengaku ini sangat luar biasa dan yang terbaik saat ini,’’ ujar Gamawan dibanding gedung IPDN di Sulut, Sumsel, Pontianak, Bukit Tinggi dan kampus lainnya.
Dia menambahkan, Kampus ini dapat menjadi catatatan penting dalam sejarah kepamong prajaan di Indonesia. Pada kesempatan itu Mendagri meminta pengelola IPDN Rohil dapat meningkatkan keterampilan dan kecerdasannya prajannya, bukan hanya hebat dalam ilmiah pemerintahan tetapi juga dalam hal lain, dicontohkan kemahiran dalam berbahasa Inggris.
“ Lakukan kompetisi diantara 6 Kampus lainnya jadilah yang terbaik. Sehingga dapat memberikan nilai positif dan motivasi untuk mengembangkan calon aparatur pemerintah tersebut,” tuturnya.
Dengan dibangunnya Kampus IPDN Rokan Hilir, diharapkan dapat memberikan multyplier efek kepada daerah karena bakal banyak dikunjungi yang berujung pada semakin pesatnya kemajuan ,’’Kecendrungan daerah yang menjalani kemajuan pesat selau didatangi banyak orang,’’ Jelasnya.
Sementara itu Bupati Rohil Anas Ma’mun mengaku dengan dibangunya kampus IPDN Rohil, Riau dapat memberikan dorongan dan semangat untuk terus memacu pembangunan di negeri seribu kubah ini. ,’’kami sangat berterima kasih ditetapkan kampus IPDN di Rohil Riau,’’ Ujar Anas.
Diinformasikan Kampus IPDN memiliki luas tanah 100 Ha dan jika ingin diperluas Pemda Rohil telah mempersiapkan lahan hingga 206 Ha. Kampus dilengkapi dengan gedung Bank BRI dan Quest House yang terdiri dari 7 kamar tidur lengkap AC. Selain itu disekitar Kampus juga dibangun 1 rumah Direktur IPDN dan 3 rumah Dosen. Kampus juga dilengkapi Labor, Perpustakaan 2 lantai dan 18 unit rumah untuk Praja wanita serta kolam ikan berbentuk danau buatan seluas 2 Ha lebih.
Rektor IPDN I Nyoman Sumaryadi berharap melalui pendidikan pamong praja yang membahas seni dan praktek pemerintah. Melalui pendidikan pengembangan dengan pendekatan sosial tanpa diskrimasi nantinya dapat meningkatkan pemberdayakan masyarakat demi peningkatan pembangunan dalam mensejahteraan masyarakat.
Saat ini Kampus IPDN Rohil sejak direstui oleh Mendagri telah menampung 300 praja dan ditahun 2011 ini siap menerima 300 praja lagi sesuai dengan yang dialokasikan.
Sementara itu Gubri HM Rusli Zainal SE MP merespon positif pembangunan Kampus IPDN. Dia menilau langkah tersebut ideanya. Dapat disambut dengan rasa syukur karena merupakan bagian sangat penting dalam rangka mempersiapkan tenaga pemerintahan khususnya SDM bidang pemerintahan yang mampu menggesa pembangunan di Indonesia.’’Smoga Kampus ini dapat mempersiapkan para-praja menjadi seperti yang diharapkan,’’ harap Gubri.(http://www.dumaipos.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Abdi Praja News Kampus Riau © 2012 Design by Best Blogger | Sponsored by APN Wallpapers